Senin, 18 Maret 2013

Kronologi Final Liga Champion 2005 Liverpool FC vs AC. Milan

Pertandingan Final ini terjadi tanggal 25 Mei 2005 bertempat di Atatürk Olympic Stadium kota ISTANBUL, LIVERPOOL vs AC MILAN, Duel kedua klub yang punya tradisi bagus di liga champion , dipimpin oleh wasit MANUEL MEJUTO GONZALEZ asal Spanyol .


SKUAD AC MILAN:
DIDA
CAFU
JAAP STAM
ALESSANDRO NESTA
PAOLO MALDINI
ANDREA PIRLO
GENNARO IVAN GATTUSO
CLARENCE SEEDORF
KAKA
ANDRIY SHEVCHENKO
HERNAN CRESPO
CHRISTIAN ABBIATI
KAKHA KALADZE
ALESSANDRO COSTACURTA
RUI COSTA
VIKASH DHORASOO
SERGINHO
JON DAHL TOMASSON

SKUAD LIVERPOOL:
JERZY DUDEK
STEVE FINNAN
JAMIE CARRAGHER
SAMI HYYPIA
DJIMI TRAORE
XABI ALONSO
LUIS GARCIA
STEVEN GERRARD
JHON ARNE RISE
HARRY KEWELL
MILAN BAROS
SCOTT CARSON
JOSEMI
DIETMAR HAMANN
ANTONIO NUNEZ
IGOR BISCAN
DJIBRIL CIESE
VLADIMIR SMICER

Ac Milan unggul cepat di menit 1’ melalui Paolo Maldini setelah memanfaatkan umpan tendangan bebas Andrea Pirlo dengan tendangan first time, lalu pada menit 33’ Hernan Crespo membawa Il Rossoneri unggul 2-0 setelah memanfaatkan umpan silang mendatar dari Andriy Shevchenko, selanjutnya Crespo kembali membawa Milan unggul pada menit 44’ setelah mendapatkan umpan terobosan dari Kaka. Skor 3-0 yang menjadi milik Milan bertahan hingga turun minum .
Disaat krusial kayak gini siapapun saat itu akan berpikir Ac Milan akan merengkuh tropi champion mereka yang ke 6, babak kedua awal sebuah bencana buat Ac Milan, pada menit 54’ melalui sayap kiri, John Arne Riise memberikan umpan silang yang mampu di sundul sang kapten Steven Gerrard dengan sempurna yang menggetarkan gawang Nelson Dida , seolah bangkit dari ketertinggalan , Liverpool membalas pada menit 56’ melalui Vladimir Smicer memperkecil kedudukan menjadi 3-2 setelah tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti tidak mampu di bendung Dida, serangan beruntun klub asal Merseyside lagi-lagi membuahkan hasil setelah Gerrard di jatuhkan bek Milan Genaro Gattuso, tendangan penalti Xabi Alonso sebenarnya mampu di tepis Dida, tetapi bola kembali mengarah kepada Alonso yang akhirnya mampu melesakkan bola ke gawang, sampai pertandingan babak kedua berakhir skor menjadi imbang 3-3. Sampai dua babak perpanjangan waktu skor tidak berubah dan harus di teruskan dengan drama adu penalti.
Kronologi tendangan penalti :
Serginho menjadi penendang pertama Milan gagal setelah tendangannya melayang jauh di atas gawang.
Dietmar Hamman yang menjadi penendang pertama Liverpool berhasil memasukkan bola walaupun kiper Nelson Dida sudah benar membaca arah tendangan.
Andrea Pirlo gagal memasukkan bola setelah kiper Liverpool Jerzy Dudek memblok tendangannya.
Djibril Ciise berhasil memasukkan bola setelah mampu mengecoh Dida.
Jon Dahl Tommasson berhasil memasukkan bola setelah tendangan kerasnya mengecoh Dudek.
Jhon Arne Riise gagal memasukkan bola setelah Dida memblok tendangannya.
Kaka mencetak gol setelah berhasil mengecoh Jerzy Dudek.
Vladimir Smicer berhasil memasukkan bola setelah mampu mengecoh Dida.
Andriy Shevchenko menjadi penendang terakhir AC Milan dan menjadi harapan untuk menyamakan kedudukan ternyata gagal setelah Dudek dengan gemilang mampu memblok tendangannya.
JERZY DUDEK benar-benar menjadi mimpi buruk para penendang penalti dari kubu AC MILAN.
AC MILAN menangisi kegagalan mereka meraoh Throphy ke-6 pada ajang Liga Champion dan LIVERPOOL berpesta, keunggulan AC MILAN 3-0 dibabak pertama seolah tak berarti apa-apa.

LIVERPOOL berhasil merengkuh tropi LIGA CHAMPION mereka yang ke 5, sekaligus menjadi gelar pertama pelatih Rafael Benitez . ISTANBUL 2005 menjadi cerita menyedihkan buat MILANISTI diseluruh dunia dan sebaliknya cerita yang akan selalu di kenang oleh LIVERPUDLIAN di seluruh dunia. Sungguh pertandingan yang sangat menarik dan dramatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll