Minggu, 16 Februari 2014

Jejak pertemuan antara Liverpool dan Arsenal

Baru delapan hari berlalu setelah Liverpool bertemu Arsenal di Anfield dalam Liga Inggris, keduanya harus berhadapan kembali di Emirates Stadium dalam putaran kelima Piala FA, Minggu (16/2).
Kemenangan Liverpool atas Bournemouth dengan skor 2 - 0 di putaran keempat Piala FA membawa Liverpool untuk berhadapan dengan Arsenal malam ini di Emirates Stadium. Arsenal sebelumnya telah mengalahkan Conventry 4 – 0. Laga nanti malam adalah laga tandang kedua berturut-turut bagi Liverpool di Piala FA dan juga sekaligus dua laga kandang berturut-turut bagi Arsenal.
Liverpool dan Arsenal terakhir kali bertemu dalam Piala FA pada tahun 2007, yaitu pada laga putaran ketiga. Kala itu Arsenal berhasil mempermalukan Liverpool di hadapan pendukungnya sendiri dengan skor 3 – 1. Satu-satunya gol dari Liverpool dihasilkan oleh Dirk Kuyt saat Liverpool sudah tertinggal 2 – 0.
Liverpool mencatat kemenangan terakhir atas Arsenal di Piala FA pada laga final tahun 2001 di Millenium Stadium, Cardiff dengan skor 2 – 1 untuk Liverpool. Kemenangan Liverpool diraih berkat dua gol Michael Owen pada menit-menit kritis, yaitu pada menit ke-83 dan ke-88. Laga tersebut juga merupakan laga bersejarah dimana untuk pertamakalinya dua manajer non-Inggris dan juga berasal dari Perancis saling berhadapan dalam laga final Piala FA, Arsenal diarsiteki oleh Arsene Wenger sedangkan saat itu Liverpool berada di bawah asuhan Gerard Houllier.
Tercatat bahwa dalam seluruh kompetisi, Liverpool hanya memenangkan satu dari 17 pertemuan dengan Arsenal. Sedangkan di Emirates Stadium itu sendiri, Liverpool mencatat satu kemenangan, lima seri, dan empat kekalahan.
Sementara, Arsenal tercatat belum pernah mengalami kekalahan di kandang dalam 12 pertandingan terakhir dalam kompetisi apa pun dan tiga diantaranya adalah seri. Sedangkan pada Piala FA musim lalu, Arsenal justru mengalami mengalami kekalahan 0 – 1 saat menjamu Blackburn Rovers di putaran kelima. Laga tersebut merupakan kali pertama Arsenal mampu dikalahkan dalam 36 pertandingan kandang Piala FA terakhirnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll