Kamis, 04 Juli 2013

10 Fakta Menarik Tentang Toure

Berikut adalah beberapa hal menarik tentang rekrutan anyar Liverpool, Kolo Toure.
1. Toure telah mengoleksi 11 titel bergengsi, termasuk juara liga bersama tiga klub sebelumnya, ASEC Mimosas, Arsenal, dan Manchester City. Medali juara lain yang pernah diraihnya adalah Piala FA dan Community Shield. Dia juga pernah meraih Piala Super Afrika di level klub dalam usia 18 tahun.
2. Kolo merupakan satu dari tiga bersaudara yang bermain sepak bola profesional. Yaya Toure bermain di Manchester City sedangkan Ibrahim Toure membela Al Nasr. Sebelumnya Kolo pernah bermain bareng bersama Yaya di Manchester City sejak 2010-11 sampai musim lalu.

3. Salah satu nilai lebih Toure ada pada kepemimpinan. Dia pernah mengenakan ban kapten di Arsenal, Manchester City, dan timnas Pantai Gading. Total dia sudah 105 kali membela negaranya. Dua kali dia menjadi runner-up Piala Afrika dan tampil dalam lima pertandingan Piala Dunia. Sudah enam gol yang dijaringkannya untuk level timnas.
4. Toure menjadi pemain Pantai Gading pertama yang bermain untuk Liverpool. Dia menjadi rekrutan teranyar asal Afrika setelah Oussama Assaidi. Toure menjadi pemain kedelapan yang dibeli manajer Brendan Rodgers sejak melatih Liverpool pada 2012.
5. Mengawali karir sebagai striker dan pemain sayap, Toure lantas berkembang menjadi gelandang bertahan yang bisa juga dimainkan sebagai defender. Oleh Arsene Wenger, dia kemudian diubah menjadi defender tangguh bersama Arsenal.
6. Toure mengawali karir di Arsenal saat melakoni debut pada pertandingan melawan Liverpool di ajang Community Shield 2002. Lima tahun berselang, untuk kali pertama Toure menjadi kapten Arsenal pada laga versus Liverpool di Piala Liga.
7. Toure adalah pemain kelima yang pindah dari Manchester City ke Liverpool. Dia mengikuti jejak Patrick Finnerhan, Matt Busby, Robbie Fowler, dan Craig Bellamy. Tiga perpindahan terakhir, termasuk Toure, datang ke Anfield dengan status bebas transfer. Sebaliknya, ada delapan pemain yang hengkang dari Liverpool ke Manchester City. Nama terakhir adalah Nigel Clough pada Januari 1996.
8. Selama membela Arsenal dan Manchester City, Toure sudah 21 kali bertanding melawan Liverpool. Dia menang 10 kali, tujuh kali imbang, dan kalah empat kali. Toure sekali menjebol gawang Liverpool, yakni pada laga November 2006 ketika Arsenal menang 3-0.
9. Toure punya tanggal lahir yang sama dengan kiper Liverpool, Brad Jones. Keduanya lahir pada 19 Maret. Toure yang lahir 1981 satu tahun lebih tua dari Jones. Uniknya, pemain Liverpool terakhir yang pindah ke Manchester City, Nigel Clough, juga dilahirkan pada tanggal yang sama di tahun 1966.
10. Brendan Rodgers menjadi manajer keempat Toure di Inggris. Keempatnya juga berasal dari negara yang berbeda. Setelah dilatih oleh orang Prancis (Arsene Wenger), Wales (Mark Hughes), dan Italia (Roberto Mancini), kini Toure dilatih oleh Rodgers yang berasal dari Irlandia Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll